Syarat Air Bersih

sistem jaringan air bersih dirumah

Di zaman yang semakin modern dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini membuat kita beralih menggunakan peralatan- peralatan yang canggih. Seiring dengan beralihnya teknologi maka kebutuhan manusia pun juga ikut berubah namun, ada satu kebutuhan yang tidak dapat tergantikan dari zaman Manusia purba hingga zaman teknologi ini. Apakah kalian tahu kebutuhan yang tidak dapat tergantikan itu ? Ya, air bersih. Dari zaman dahulu air sudah menjadi sumber kehidupan bagi para makhluk hidup tidak terkecuali Manusia. Kandungan air yang ada pada tubuh Manusia adalah sebesar 70% – 80% membuat kita tidak akan bisa hidup tanpa adanya air.

Kegunaan air bagi Manusia sangatlah banyak, mulai dari untuk konsumsi, memasak, mandi, mencuci dan lain sebagainya. Selain hal diatas air juga digunakan Manusia sebagai media pendingin mesin- mesin industri, hingga mesin kendaraan yang kita gunakan sehari- hari. Kegunaan air yang sangat banyak ini pasti membutuhkan berbagai spesifikasi air agar sesuai dengan kegunaanya. Kali ini kita akan membahas tentang syarat air bersih untuk digunakan dalam kegiatan rumah tangga seperti untuk konsumsi, mandi, dan mencuci. Apakah kalian sudah tahu syarat air bersih ?

Seorang pakar plambing internasional Ir. Santoso Ahmad, M.T., Dipl. Sanitartech dari PPPPTK Malang mengatakan dalam perencanaan instalasi air bersih harus memenuhi empat syarat sebagai berikut:

  1. Jumlah yang cukup
  2. Higienis
  3. Teknis yang optimal
  4. Ekonomis

Dari empat kriteria diatas mari kita bahas satu persatu untuk mendapatkan penjelasanya dibawah ini.

  1. Jumlah Yang Cukup

Jumlah air bersih harus memenuhi seluruh kebutuhan dan selalu tersedia setiap saat. Sebagai contoh air bersih harus selalu tersedia meskipun di waktu musim kemarau tidak hanya di musim hujan saja. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi pengguna air bersih tersebut.

  1. Higienis

Air bersih yang tersedia harus higienis dengan ciri- ciri tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Yang dimaksud dengan tidak berwarna pada air bersih yaitu air harus bening atau transparan jika air keruh atau berwarna maka dapat dipastikan terdapat unsur atau material lain yang tercampur dalam air tersebut. Begitu juga dengan tidak berbau, air bersih harus tidak mengeluarkan bau dan juga tidak berasa atau tawar. Bayangkan jika air yang kita gunakan untuk berkumur saat berwudhu dan sikat gigi memiliki rasa maka pasti kita tidak nyaman dan ragu dalam menggunakanya.

  1. Teknis Yang Optimal

Instalasi jaringan air bersih harus dengan teknis yang optimal, aman untuk keselamatan aplikator dan aman untuk jaringan pipa serta harus memenuhi SNI 8153:2015 tentang sistem plambing pada bangunan gedung. Sebagai contoh jika sumber air bersih terdapat pada kedalaman 200 meter didalam tanah maka syarat ini tidak dapat terpenuhi dan contoh lain jika sumber air bersih jaraknya sejauh 30 Km maka syarat ini juga tidak terpenuhi.

  1. Ekonomis

Air bersih juga harus ekonomis dengan biaya yang tidak membebani penggunanya. Baik itu biaya listrik dari pompa yang digunakan untuk mendistribusikan air bersih, biaya instalasi jaringan pipa, hingga biaya perawatan kesemuanya harus direncakan sebaik mungkin dengan tidak meninggalkan tiga kriteria diatas.

Jadi apakah air bersih dirumah anda telah memenuhi empat syarat diatas? jika belum poin mana yang belum terpenuhi? Lalu jika anda ingin melakukan perbaikan sistem jaringan air bersih dirumah anda agar memenuhi empat syarat diatas jangan lupa untuk selalu gunakan pipa Rucika yang menyediakan berbagai jenis pipa dan sambunganya sebagai Solusi Total Sistem Perpipaan.

Rucika Solusi Total Sistem Perpipaan

Oki Prasetyo N.

Berikan kami pemikiran anda