Kelebihan Pipa PVC-O

pipa PVC-O Exoplas sangat kuat, tidak pecah

Dalam artikel sebelumnya telah dikenalkan tentang apa itu pipa PVC-O, dimulai dari sejarah dan macam – macam pembuatanya. Pipa PVC-O juga mempunyai kelebihan dibandingkan pipa uPVC dan HDPE sebagai pipa yang sama fungsinya dalam mengalirkan air bersih. Pertama yang dibahas adalah kekuatan dari pipa PVC-O dibanding pipa uPVC, yang kita tahu bahwa pembuatan pipa PVC-O adalah pipa yang diproduksi dengan menggunakan metode biaxially extrusion yaitu dengan menarik pipa ke sumbu X dan sumbu Y untuk mendapatkan kekuatan maksimal dari pipa meskipun dengan ketebalan dinding pipa yang tipis.

PVC-O jauh lebih unggul dari pipa plastic lainya dalam hal kekuatan impact karena pipa PVC-O memiliki molekul yang jauh lebih rapat sehingga menyebabkan kekuatan pipa semakin besar, hal ini memberikan keuntungan bagi konsumen atau pengguna pipa PVC-O karena tidak perlu khawatir pipanya akan pecah jika terkena benturan yang besar dari luar. Karena pipa ini sangat kuat maka dapat diaplikasikan pada kondisi tanah berbatu, atau dibawah jalan raya yang dilalui oleh kendaraan- kendaraan besar seperti Truk atau Bus tanpa khawatir pipa akan pecah dan bocor.

Selain kekuatan impact yang besar pipa PVC-O juga ringan, hal ini memberi kemudahan bagi para aplikator dalam memasang instalasi perpipaan karena tidak memerlukan kekuatan yang besar untuk mengangkat atau memindahkan pipa PVC-O. Selain itu system penyambungan dari pipa PVC-O menggunakan rubber ring, system penyambungan yang mengandalkan cincin karet sebagai perekat antar pipa yang sangat mudah dalam pemasanganya karena tidak membutuhkan lem ataupun pengelasan hanya membutuhkan lubricant atau pelumas untuk mempermudah proses penyambunganya.

 Kelebihan lain dari pipa PVC-O karena memiliki ketebalan dinding yang tipis maka diameter dalamnya lebih besar dibandingkan dengan pipa uPVC ataupun pipa HDPE dengan diameter dan PN (pressure nominal) yang sama. Dengan diameter dalam yang lebih besar maka pipa PVC-O dapat mengalirkan debit air yang lebih besar sehingga konsumen kembali di untungkan dengan mengaplikasikan pipa PVC-O sebagai pipa jaringan air bersih dari sumbernya. Sebagai contoh pipa PVC-O PN10 diameter 315mm mampu mengalirkan air 72,55 lt/m’ sedangkan pipa HDPE dengan PN dan diameter yang sama mampu mengalirkan air sebanyak 61,19 lt/m’ dan untuk uPVC dengan spesifikasi yang sama mampu mengalirkan 66,38 lt/m.

Demikianlah penjelasan dari kelebihan yang dimiliki pipa PVC-O semoga dapat menambah wawasan para pembaca dan jangan lupa untuk selalu gunakan pipa Rucika karena Rucika adalah Solusi Total Sistem Perpipaan untuk Indonesia.

Uji impact PVC-O

FPR & OPN

Berikan kami pemikiran anda