Jangan Mengamplas Bagian Permukaan Pipa PVC Yang Akan Disambung

Pada instalasi perpipaan hal yang harus sangat diperhatikan adalah sambungannya. Sistem sambungan pipa terbagi menjadi berbagai jenis berdasarkan alat penyambungnya mulai dari menggunakan baut, drat, karet, dan yang paling sering ditemukan adalah penyambungan pipa menggunakan lem.

Pada aplikasi penyambungan pipa dengan lem seringkali aplikator plambing melakukan pengamplasan pada bagian permukaan pipa yang akan disambung, hal tersebut dimaksudkan agar membuat permukaan pipa atau sambungan pipa kasar, sehingga daya ikat akan lebih baik. Pada kenyataanya mengamplas spigot atau soket pipa PVC yang akan disambung dengan lem, akan mengakibatkan permukaan atau bidang penyambungan tidak rata dan mengalami penipisan. Hal tersebut dapat menyebabkan proses pensenyawaan antar material PVC (pipa dan sambungan) menjadi terhambat dan tidak sempurna bahkan bisa menyebabkan kebocoran pada instalasi pipa tersebut.

penyambungan pipa menggunakan lem Truglue_rucika_wavinpenyambungan pipa menggunakan lem pada sambungan rucika_wavin_trugluepengamplasan pada bagian permukaan pipa yang akan disambung_truglue_rucika_wavin

Komentar

  1. Rudi mengatakan:

    Menurut saya tidak semua pengamplasan pada pipa salah, pengamplasan yang sifatnya membersihkan residu seperti pasir, semen dan minyak justru harus dilakukan, apalagi jika kondisi di proyek.
    Pengamplasan yang sifatnya terlalu banyak memang dapat membuat ukuran pipa menjadi berubah ukuran.

Berikan kami pemikiran anda